Hal-hal yang Harus Diperhatikan Untuk Menjaga Panel Listrik

Listrik sangat berperan dalam operasional perusahaan, gedung, atau pabrik. Tanpa adanya listrik, maka produktivitas dapat terhambat bahkan berhenti. Oleh sebab itu, pemilik usaha atau pihak manajemen perlu memperhatikan pemeliharaan terhadap panel listrik agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Untuk mengetahui pengecekan yang dilakukan oleh tenaga profesional, bisa lihat di https://sewatama.com/id/jasa-perawatan-panel-listrik/.


Walaupun demikian, sebagai pemilik tempat usaha perlu mengetahui pemeliharaan seperti apa yang harus diperhatikan terhadap panel listrik. Salah satunya dengan menghubungi Sewatama Power Service Solution. Tujuannya bukan untuk memperbaiki jika terjadi kerusakan. Justru ini untuk mencegah hal tersebut terjadi dan mempertahankan keawetan komponen-komponen di dalamnya. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Kotoran/Debu
Kotoran atau debu merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Meskipun panel berada di dalam ruangan ber-AC, tetap saja kotoran atau debu bisa menempel. Bersihkan bagian luar dan dalam dengan menggunakan kuas. Pada bagian-bagian yang dirasa detail, bisa menghubungi tenaga profesional untuk membersihkannya. Selain itu, perhatikan pula apabila ada hewan-hewan kecil karena bisa jadi menyebabkan konsleting.

2. Suhu
Panel listrik harus berada di suhu yang tidak boleh terlalu lembab atau terlalu panas. Suhu yang terlalu tinggi atau panas bisa memperpendek usia pakai komponen di dalamnya, bahkan membakarnya. Sedangkan suhu yang lembab karena air, minyak, atau cairan lainnya bisa menimbulkan karat. Oleh sebab itu, pastikan kondisi sekitarnya kering, serta suhu ruangan tetap stabil.

3. Kekencangan Baut
Cek kekencangan baut paling tidak enam bulan sekali. Baut-baut yang dialiri listrik akan mengalami pemuaian karena panas. Jika baut yang terpasang sudah tidak kencang, maka kinerja komponen akan menurun. Sebenarnya saat mengecek kekencangan baut bisa sekaligus melihat kondisinya, apakah hanya kendor atau memang sudah meleleh dan perlu diganti.

Selain ketiga hal di atas, perhatikan kerapian dan keamanan di sekitar panel listrik. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan terkait kelistrikan, maka serahkan pada Sewatama Power Service Solution sebagai ahlinya. Urusan listrik tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang karena berhubungan dengan keselamatan sekitar. Maka, hubungi kami yang telah berpengalaman melayani sejumlah industri di berbagai bidang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »